Sejarah Sepakbola Wales – Kejuaraan Inggris

Kejuaraan Rumah Inggris dimainkan antara Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara selama 100 tahun, dimulai pada tahun 1893-94. Pertandingan berlangsung pada akhir setiap musim sepak bola nasional (tidak termasuk tahun-tahun perang di mana liga dimainkan) dengan masing-masing tim bermain tim lain sekali, memberikan total 3 pertandingan untuk masing-masing tim. Kejuaraan berlanjut hingga musim 1983-84 ketika mereka akhirnya dihentikan.

Meskipun tidak pernah mencapai sukses besar di Kejuaraan, untuk pemain Welsh selalu ada kebanggaan dan semangat besar dalam bermain untuk negara mereka, dan selalu ada persaingan sengit ketika Wales bermain melawan Inggris.

Pada tahun 1977, tim sepak bola nasional Wales mengalahkan Inggris di Stadion Wembley untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

Dalam insiden yang belum pernah terjadi sebelumnya sebelum pertandingan, hanya lagu kebangsaan Inggris yang dimainkan dan bukan lagu Wales, biasanya standar untuk memainkan lagu kebangsaan kedua tim sebelum pertandingan. Sebagai protes, para pemain Welsh tetap berdiri berderet di tengah lapangan dalam diam, seolah-olah nyanyian itu dimainkan, menunggu beberapa menit dan kemudian memulai pertandingan judi bola.

Leighton James mencetak gol penalti dan memberi Wales kemenangan 1-0, yang merupakan satu-satunya kemenangan Wales atas Inggris di Stadion Wembley.

Kemenangan Wales lainnya yang terkenal adalah mengalahkan Inggris 4-1 di Wrexham’s Racecourse Ground pada tahun 1980, ini terjadi beberapa hari setelah Inggris mengalahkan juara dunia saat itu di Argentina.

Bentuk perlombaan melawan Inggris berlanjut pada pertengahan 1980-an.Pada tahun 1984, seorang pemuda berbakat bernama Mark Hughes memastikan kemenangan atas Inggris, mencetak satu-satunya tujuan pertandingan dalam debut internasionalnya. Hughes telah menjadi pemain utama bagi Wales dan klubnya, Manchester United.

Pada tahun 1950, Kejuaraan Dalam Ruangan menentukan tim Inggris mana yang akan pergi melalui Piala Dunia tetapi Wales tidak lolos, kalah dari Inggris dan Skotlandia dan diikat 0-0 dengan Irlandia Utara.

Namun, tahun 1950-an dipandang oleh banyak orang sebagai era keemasan sepakbola Wales. Pemain Wales Ivor Allchurch, Alf Sherwood dan John Charles menjadi nama-nama terkenal dan kemudian membantu tim lolos ke Piala Dunia satu-satunya di tahun 1958.

Wales memenangkan Kejuaraan Rumah 12 kali total, 5 di antaranya dibagikan dengan tim lain, selisih gol tidak termasuk, jadi jika tim selesai dalam poin, kejuaraan akan dibagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *